Minggu, 20 Maret 2011

Kanada: Surganya Edukasi

Anda pasti pernah mendengar nama Kanada, bukan? Ya. Kanada adalah sebuah negara –kedua terluas di dunia setelah Rusia- yang letaknya di utara Benua Amerika dengan ibukota Ottawa. Negara yang memiliki dua bahasa resmi (Inggris dan Perancis) ini merupakan salah satu tempat paling dituju baik untuk berkunjung (travelling) atau untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Kanada berada di peringkat 14 dari 11 negara yang mendapat nilai 7,599 dari skala 1 sampai 10 untuk pendidikan.  Ini baru salah satu dari sekian yang cukup menjadi alasan untuk melanjutkan studi ke Kanada. Belum lagi gelar dari perguruan tinggi di Kanada diakui di seluruh dunia.
Kanada, menurut PBB dan Unit Inteligen Ekonomi (Economist Intelligence Unit), diyatakan sebagai salah satu dari sepuluh negara terbaik di dunia untuk tempat tinggal. Menurut survey PBB, Kanada secara khusus mendapatkan nilai tinggi untuk akses pendidikan dan harapan hidup yang lebih tinggi.  Kanada digolongkan negara maju dan ekonominya tergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah.
Negara asal Celine Dion ini terkenal dengan masyarakatnya yang aman, adil dan damai. Ini membuat Anda merasa nyaman berada di Kanada.  Di Kanada juga masih bisa dijumpai berbagai klub atau perkumpulan yang mewakili berbagai kelompok suku bangsa. Survei PBB juga menyatakan bahwa Kanada memiliki tingkat kejahatan dan kekerasan yang rendah. Angka kejahatan terus menurun sejak 1997. Aman dan nyaman, bukan?
Ada lebih dari 150.000 pelajar dan mahasiswa dari berbagai negara yang pergi ke Kanada untuk belajar setiap tahunnya. Mereka membawa serta budaya mereka yang kaya ke ruang kelas. Sekolah-sekolah di sana menyambut pengetahuan dan keterampilan pelajar  asing dengan tangan terbuka
Untuk masalah teknologi tak usah diragukan lagi. Kanada telah mengalami pertumbuhan pesat dalam industri teknologi tinggi dan mempunyai reputasi internasional dalam berbagai sektor seperti telekomunikasi, transportasi dan teknik, kesehatan, hingga produksi pangan. Kanada adalah juga termasuk satu diantara negara pertama di dunia yang melihat kebutuhan untuk menghubungkan sekolah dan perpustakaan dengan internet hingga program SchoolNet ini telah dicontoh di berbagai belahan dunia.
Lingkungan di Kanada pun tergolong indah dan terjaga sebab penduduknya pun sangat memelihara lingkungan alami  mereka. Kanada juga merupakan negara dengan keragaman geografis, dan terdapat banyak aktivitas luar rumah yang bisa dinikmati mulai dari pantai yang subur di British Columbia, keagungan Rocky Mountains di Alberta, langit megah di Prairi, sampai ke “daerah gula Mapel” di Great Lakes dan St. Lawrence, serta bukit-bukit yang terjal dan jalur pantai yang indah di provinsi-provinsi Atlantik.
Kanada memiliki banyak universitas dan akademi yang tersebar di tiap wilayah dalam kota maupun di luar kota. Pada tahun 1663, seminari Quebec menjadi institusi pendidikan tingkat lanjut pertama di negeri cikal bakal Kanada. Institut berbahasa Inggris pertama adalah Universitas New Brunswick yang pertama kali membuka pintunya untuk mahasiswa pada tahun 1785. Kebanyakan universitas Kanada dibiayai oleh negara, dan semua menjaga kualitas canggih secara konsisten tanpa memandang lokasinya. Kesemuanya menjaga mutu pendidikan akademis canggih secara otonomi.
Untuk masalah pendidikan di Kanada Anda tak perlu khawatir. Setiap tahun setidaknya ada 300-400 pelajar Indonesia yang berangkat ke Kanada untuk menuntut ilmu dan dperkirakan total pelajar Indonesia di Kanada saat ini mencapai 1.800-2.000 orang. Pelajar asing di Kanada diperbolehkan bekerja di luar kampus selama 20 jam per minggu. Setelah lulus, pelajar asing itu boleh berkarier di Kanada sesuai dengan lama waktu menuntut ilmu. Baru Kanada yang menerapkan kebijakan seperti itu bagi mahasiswa asing. Negara lain hanya membolehkan mahasiswa asing bekerja di dalam area kampus.
Biaya pendidikan di Kanada pun terjangkau. Biaya hidup dan biaya pendidikan di Kanada yang relatif lebih rendah dari AS, Australia, dan Inggris ini menjadi daya tarik tersendiri. biaya kuliah di Kanada bervariasi mulai C$10,000- C$20,000 per tahun untuk program sarjana, diploma, post graduate diploma, dan pascasarjana. Sementara itu, rata-rata biaya hidup di negara itu mencapai C$1,200 per bulan. Adapun rata-rata biaya hidup dan pendidikan di Australia mencapai US$29,000 per tahun, di AS US$33,000 per tahun, dan di Inggris US$39,000 per tahun.
Bagaimana program pendidikan di Kanada? Sebuah studi komparatif tentang sistem pendidikan tinggi antara Indoesia dan Kanada menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikannya tidak jauh berbeda. Sebagai contoh berikut ini perbandingan untuk jenjang S-1 (Strata-1).

Indonesia
Kanada
  • Ditawarkan di universitas, sekolah tinggi dan institut.
  • Siswa sudah harus lulus sekolah menengah atas.
  • Program S1 umumnya berlangsung selama 3-4 tahun.
  • Program Diploma dan certificate juga ditawarkan di beberapa institut.
  • Umumnya gelar S1 Honours diberikan untuk jurusan atau pencapaian bidang akademik yang lebih tinggi.
  • Ditawarkan di universitas, university college dan institut.
  • Siswa sudah harus lulus sekolah menengah atas.
  • Program S1 umumnya berlangsung selama 3-4 tahun, tergantung dari masing-masing provinsi dan apakah program yang diambil merupakan program umum atau khusus.
  • Program Diploma dan certificate juga ditawarkan di beberapa institut.
  • Umumnya gelar S1 Honours diberikan untuk jurusan atau pencapaian bidang akademik yang lebih tinggi.
Biaya hidup di Kanada pun relatif terjangkau. Pada umumnya biaya hidup seorang pelajar internasional berkisar CND$ 1,000 – CND$ 1,500/ bulan dimana biaya ini telah mencakup akomodasi, transportasi, biaya makan, dan biaya lainya.
Sekain program S1, S2, dan S3, Kanada sendiri memiliki colleges, institusi dan lembaga pendidikan non-gelar lainnya yang menawarkan program sertifikat dan diploma di beragam bidang semi-profesional dan bidang teknik yang beragam. Sedangkan universitas menawarkan program S1 dan university college biasanya menawarkan program S1, diploma, dan sertifikat. Meskipun begitu, beberapa sekolah juga menawarkan program S1 dan beberapa universitas menawarkan program sertifikat dan diploma.
Jika Anda merupakan siswa yang ingin melanjutkan studi ke Kanada, sebagai siswa internasional, Anda harus memenuhi persyaratan nilai minimum TOEFL atau IELTS sebagai bukti kemampuan Bahasa Inggris untuk diterima di universitas Kanada.. Siswa yang ingin belajar lebih dari 6 bulan di Kanada harus membuat aplikasi Ijin belajar Kanada (Study Permit).
Untuk melanjutkan studi ke Kanada Anda tak perlu takut. CESI (Canadian Education Services International) bersedia membantu Anda. CESI merupakan  lembaga pusat penyedia perencanaan pendidikan, penempatan studi  di perguruan tinggi, dan registrasi bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke Kanada. CESI mempunyai informasi terpercaya dan berkualitas seputar sistem pendidikan, budaya, hingga karier di Kanada.
CESI tidak hanya melayani siswa ketika akan berangkat ke Kanada. CEO (Canadian Educational) akan menjadi keluarga Anda. Ini memudahkan Anda dalam hal berurusan seputar pendidikan dan berbagai administrasi yang sewaktu-waktu Anda butuhkan di sana.  Jadi Anda tak perlu takut akan kehilangan ‘pembimbing’.
Bagaimana? Tertarik belajar di Kanada? Bergabunglah bersama ribuan mahasiswa Indonesia di Kanada!

0 komentar:

Posting Komentar